Lulus Seleksi Taspen, Alhamdulillah



Halo semuanya, setelah beeberapa dekade saya tidak pernah menulis diblog ini, akhirnya datanglah suatu cahaya kebenaran yang memerintahkan kepada saya bahwa apa yang saya alami harus di share agar kelak bermanfaat jika ada yang alami seperti apa yang saya alami...

Okey, cukup ya pembuka dan basa-basinya :D... Simak semoga bermanfaat :)
_________________________________________________________________________
Tepat ditanggal 9 januari 2017 ada seorang teman kerja dikantor lama yang memberi informasi bahwa ada lowongan pekerjaan yang sedang buka disalah satu peruaahaan BUMN yang terbuka yakni Taspen. Ya Taspen adalah salah satu perusagaan Negeri yang bergerak dibidang pelayanan dana pensiunan PNS dab tabungan hari tua. Pada saat diberikan informasi tersebut saya tertawa dan berkata "Hahaha lowongan begituan pasti saya tidak lolos karena tidak ada yangku untuk menyogok Bro" tapi dia tetap bersikeras dan memaksa saya untuk mendaftar untuk sekedar tes-tes saja kata dia dan akhirnya sayapun mengikuti apa yang dia katakan untuk mendaftar secara online melalui website yang tertera dipamplet loker tersebut. 

Waktu pendaftaran dibuka dari tanggal 10 januari - 20 januari, dan saya mengisi formulir pendaftaranh ditanggal 13 januari secara online. Waktu iru persyaratan yang harus diupload di website adalah sebagai berikut :
  1. Ijasah Minimal D3
  2. Transkrip Nilai
  3. Pas Foto 4x6
  4. Sertifikat penghargaan jika ada 
  5. Sertifikat toefl 
  6. Data KTP/Domisili
  7. Surat pernyataan (download diwebsite)

Setelah melengkapi semua data diatas sayapun langsung upload semuanya dan mengisi beberapa kolom pendaftaran. Pendaftaran selesai dan sayapun mendapatkan User ID dan password yang diinformasikan untuk digunakan mengaakaes website tersebut apabila sudah keluar pengumuman lolos adminiatrasi(tahap 1). 
Saya tidak terlalu berharap lolos pada waktu itu karena saya tidak terlalu yakin dengan pendaftaran-pendaftaran online seperti itu karena saya masih sibuk dwngan pekerjaan saya sehari-hari sebagai surveyor disalah satu perusahaan swasta finance yang ada dikendari sulawesi tenggara (kota saya). 

16 hari setelah saya mendaftar tanpa saya harap mumcul sms dan email dari LPPI yang memberi tahu bahwa User id saya lolos tahap 1 administrasi, sayapun senang saat membaca pesan tersebut dan langsung menunjukan pesan tersebut kepda orang tua karna pada saat itu kebetulan saya lagi pulang kampung yang berjarak 250 km dari kota saya bekerja. 
Pesan teraebut menginformasikan bahwa saya harus mengikuti tes tahap 2 yaitu tes Pengetahuan Umum dan Bahaaa Inggris yang akan dilaksanakan tanggal 4 februari hari sabtu 2017 dengan membawa perlengkapan :
  1. Kemeja lengan putih
  2. Celana Panjang hitam
  3. Alat tulis (papan tes, pensil 2B, penghapus, pulpen)
  4. Kartu tes yang diprintout dari website
Sayapun membeli alat tulis sepeeti pensil 2B dan penghapusnya, untuk papan tes saya keliling kerumah teman-teman saya untuk meminjamnya heheh. Celana dan bajupun saya meminjamnya dri orang berbeda (nasib duit pas-passan -_-) heehehe..
Dan akhirnya tes pertamapun tiba harinya yg waktu itu bertepatan pada hari sabtu, nah mau tdk mau saya harus cari alasan untuk absen dari kantor karna waktu itu saya juha masih aktif bekerja disalah satu peruaahaan yang ada dikendari. Waktu itu saya ijin sakit😑😑, dan alhamdulillah diijinkan sama atasan dan langsunglah gooooo ke tempat yang ditentukan untuk melaksanakan tes pertama, jam tespun dimulai untuk mengerjakan soal yakni Pengetahuan Umum serta Bahasa Inggris. 

Soal pertama yang saya buka adalah pengetahuan umum dan wawww,, bagi kalian yang pinter diperbankan Insyaalloh mudah menjawab karna 30 soal isinya tentang ekonomi perbankan semuanya dan sisanya tentang pertanyaan-pertanyaan isu-isu apa saja yang sedang berkembang saat ini dan ada 15 soal tentang Taspen.
Okayyy,, tes selesai jam 11.30 Wita dan sayapun pulang to my home... ehhhhh kost maksudnya😂😂. dan jreeeenggg hati begitu debar-debar menunggu lolos atau tidaknya. 5 hari setelah tes masuklah email dan sms dri LPPI yang mengatakan bahwa saya lolos ketahap berikutnya yaitu tes akademik sayapun berayukur karna masih diberi kesempatan untuk masuk ketahap selanjutnya, sebenarnya saya tdk terlalu berharap seperti yg saya katakan diawal kalo saya hanya tes2 iseng tanpa berharap krna toh saya juga sedang bekerja diperusahaan yang cukup besar namanya.

Sabtupun tiba kembali dan saya juga langsung minta ijin lagi dengan alasan saya pulang kampung karna ada keluarga sakit dan Yesss diijinkan kembali, sayapun goooo to same place yg merupakan tempat tes pertama, dan jam 9.00 mulai tes akademik,, disoal ini saya rasa mudah karna pertanyaan soalnya tentang sinonim, Kesetaraan kata, analis, antonim. Tapiii pas soal terakhirnya begitu membuat otak ini mau pecah.. Artimatika 40 nmor dan sangattttt susah buat saya kerjakan krna dari SMP tdk pernah suka sama matematika dan cabang_cabangnya😑😑😑... Tespun selesai dan menunggu sampai hri rabu itu artinya menunggu selama 4 hari.
Empat hari telah berlalu dan akhirnya muncullah pengumuman diwebsite Taspen serta LPPI dan alhamdulillah nama saya lulus lagi. Awalnya saya benar-benar ragu bisa lolos atau tidak karna sewaktu mengerjakan tes akademik saya banyak asal melingkari jawaban yg disoal artimatikanya 😁😁. Psikotes, yahh psikotes adalah tes yang akan saya lakukan berikutnya dihari sabtu, dan otomatis saya belajar semua soal psikotes di google dan juga youtube. Perlu kalkan tahu, psikotes itu isinya adalah temtang bagaimana kita bisa menganalisis gambar yang mencakup perbedaannya, menggambar warteg, dan mengerjakam soal hitungan koran. Dihari sabtunya saya bersama 8 org lainnya hadir untuk memgikuti psikotes tersebut dan kali ini kami melakukan tesnya di Kantor Taspen kendari kota saya, dan akhirnya tespun dimulai dan yap semua yang saya pelajari digoogle dan youtube muncul soalnya. Alhamdulillah lancarrr. Setelah selesai tes kami semua langsung diinterview satu persatu masuk keruangan oleh seorang psikolog yang menjadi instruktor pada psikotes lagi. Yah nama saya adalah nama paling akhir dipanggil diurutan ke 9, saya menumggu dari jam 11 sampai jam setengah 4 sore (bayangkan bosannya saya menunggu waktu itu😌😌). 

Lanjut, namaku dipanggil dan setelah masuk berjabat tangan saya langsumg disuruh perkenalkan diri serta menyebutkan kelebihan dan kekurangan yg saya miliki.. Okayyy tuntas sudah psikotes hari itu dan kami disuruh menumggu 2 minggu untuk menunggu hasil siapa yang lolos ke tahap berikutnya. Singkat cerita 2 minggupun datang dan saya tiap harinya selalu memantau website Taspen/LPPI untuk mengecek apakah sudah ada pengumuman atau belum dan tepat jam 1 malam dimalam kamis pengumumanpun datang dan Alhamdulillah saya lolos lagi ketahap berikutnya yaitu wawancara. Dari kota saya yang lolos ketahap berikutnya yakni sisa 6 org saja dgan format 3boy dan 3girl😎😎. 2 minggu setelah pengumumanpun kami langaung melakukan tes berikutnya yakni tes wawancara yg berlangsung dihari selasa, terasa tegang hati saya karna yang mau melakukam wawancara adalah direktur Taspen kendari dan salah satu utusan taspen dikantor pusat. Namaku adalah urutan pertama dites wawancara ini, saya berjalan memasuki ruang interview dengan percaya diri dan samgat rapi dengan dasi yang saya kenakan, dan yapps pertanyaan demi pertanyaan dilontarkan kepada saya. 95% pertanyaan yang dilontarkan adalah pertanyaan tentang saya dan semua pengalaman saya ditempat klerja lama dan juga semua kegiatan yang saya lakukan semasa kuliah serta waktu masa SMA. Alhamdulillah saya lancar menjawab semua pertanyaan yang diberikan, tak terasa pula 45 menit saya berada diruangan interview tersebut dan diakhir kata interview saya ditanyakan mau minta gaji berapa jika saya lolos nanti, sayapun menjawab 'Dulu diperuaahaan sebelumnya saya digaji standar kendari pak, bu dengan nominal 2.1 jt,, saya berharap di Taspen saya bisa mendapat gaji 2.5 jt'. Mendengar jawaban saya tersebut para pewawancara tertawa dengan lantang yang membuat saya kaget.. Mereka mengatakan kenapa sedikit skali mintanya, ya saya jawab soalnya saya tdak tahu berapa gajinya pegawai BUMN seperti Taspen ini. Okaeyy,, kelar sudah saya interview dan syaapun menjabat tangan pewawancara saat pamit keluar dari ruangan interview. Tiba diluar ruangan saya super lega dan 5 orang teman yang mengikuti tes ini langsung bertanya-tanya apa saja yang ditanyakan kepada saya waktu diruangan tadi, yahh maklumlah saya kan yang peetama masuk jadi pasti mereka bertanya-tanya.

Tes wawancara hari itu selesai dan kami melakukan foto bareng bersama dirut Taspen Kendari dan Ibu utusan pusat, mereka mengatakan pengumuman dapat dilihat 1 minggu setelah ini dan benar hatipun Dag Dig Dug menunggu 1 minggu ini, rasanya hari yang dilewati benar-benar lama jika kita menunggu sesuatu seperti ini. 

Singkat cerita 1 minggupun berlalu dan pengumuman itu datang disaat saya sedang shalat Isa' tepat di sujud terakhir, setelah selesai shalat saya cek hp dan ternyat ada sms dari LPPI dan waktu itu sangat dag dig dug tdak jelas banget perasaan karena membuka file yang dipload di website tentang siapakah nama-nama yang lolos di tes wawancara tersebut dan Alhamdulillah Ya Allah, begitu senang saya rasakan ketika nama saya ada diurutan kedua yang dinyatakan lolos tes wawancara dan harus siap mengikuti tes kesehatan diantara hari Kamis, Jum'at dan sabtu pada minggu itu juga. Disini saya informasikan bahwa sms pengumuman tersebut datang pada hari selasa malam.

Sayapun pergi tes kesehatan pada hari jum'at tepat jam 7.30 Wita dan alasan izin terlambat dikantor dengan alasan motor masuk bengkel supaya gak kena marah hehehe.. Saat tiba ditempat Lab untuk tes kesehatan ternyata datang juga 2 orang cewek yang lolos juga dites wawancara, oh iya tes wawancara awalnya 6 orang dan dites kesehatan sisa 4 orang dengan format 1 boy dan 3 girl. Langsunglah kami bertiga mendafarkan diri untuk regis checkup setelah datang salah seorang pegawai dari Taspen. Waktu itu yang dites adalah Darah, Urine, Jntung, Fisik, Mata dan Ronten. Selesailah semua tahapan tes Taspen pada hari itu dan terus terang hati agak lega karena bisa sampai sejauh ini di tes penerimaan pegawai 2017 dan yang bikin ragu ya tentu pengumuman apakah kita lolos atau berhenti ditahapan terakhir tersebut. Singkat cerita pengumuman datang jam 2 malam dihari kamis dan ketika mengakses website tersebut saya sangat bersyukur karena nama saya tetap ada diurutan kedua Alhamdulillah saya ucapkan tidak henti-hetinya. Dan Yang lolos dari kota saya Kendari dipenerimaan pegawai Taspen thun 2017 adalah tersisa 3 orang saja yaitu saya Adi Gunawan Birun, Nur Arviah dan Yuyu Radiju.  

Dan sekarang ini kami bertiga sudah tukar kontak nomor handphone dan Pin BBM karena dihari selasa tanggal 11 April 2017 jam 6 pagi kita bertiga mau pergi ke Jakarta merantau bersama-sama untuk melaksanakan Training/Ogt di Jkarta Pusat. Doakan ya supaya kita bertiga bisa sukses semuanya.. AAmiin.......

See You Semua,
Semoga bisa lebih dari kita ya :)

24 komentar:

  1. Ya Allah terharu ... saya juga sedang daftar Taspen mas ... Insya Allah sabtu,25 aug 2018 saya wanser ...

    BalasHapus
  2. Mas yg satu lagi ikut tes kesehatan kenapa? Ga lolos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tu hari ada pnykit kulit doang pdhal bro.. blm rejeki kyknya

      Hapus
    2. Penyakit kulit nya bagaimana ya mas ? Parah banget kah?

      Hapus
  3. Penyakitnya aku gak tau pasti mba...

    BalasHapus
  4. Gigi dicek tidak gan? Terima kasih

    BalasHapus
  5. Apa tinggi badan dan berat badan pengaruh bgt mas?

    BalasHapus
  6. Gigi tdk di cek... berat badan n tgi bdan ga tllu ngaruh sih mnurtq

    BalasHapus
  7. makasi mas sudah berbagi pengalamannya..:-)

    BalasHapus
  8. Saya juga baru daftar..smoga saya bisa bergabung di taspen.
    Amin

    BalasHapus
  9. Btw, soal bahasa inggris nya susah sekali tidak?

    BalasHapus
  10. mas mau tanya pengumuman dari taspen biasanya jam brp?

    BalasHapus
  11. mas mau tanya pengumuman dari taspen biasanya jam brp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akan ada notif ke HP masing-masing kok mba

      Hapus
  12. mas mau tanya donk, harusnya minta gaji berapa sih mas untuk standar BUMN posisi marketing comunication?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gaji ya.. Hmmm minta standar tiap kota tertentu aja mba

      Hapus
  13. Assalamu'alaikum mas AGB, saya juga lg ikutan daftar online di taspen, boleh nanti share2 y mas utk proses selnjutnya bila saya masuk tahapan berikutnya 🙏😊

    BalasHapus
  14. Ka mau tanya, apa benar kalau kita mengundurkan diri denda 100jt-250jt ya?

    BalasHapus
  15. kalo mata minus berpengaruh ga kak?

    BalasHapus
  16. Mohon ijin bertanya kak, setelah kakak diterima dan menjadi karyawan PT. Taspen untuk penempatan kakak apakah di kantor cabang daerah asal kakak atau luar pulau kak? Mohon bantuan bisa dijelaskan sedikit tentang penempatan karyawan PT. Taspen angkatan kakak? Terimakasih kak

    BalasHapus
  17. Mas , tes kesehatan yang fisik itu apa saja ya ? Mohon Mohon penjabaran nya

    BalasHapus