Tips Lolos Interview/Wawancara Kerja

Tips Lolos Wawancara Kerja By Adi Gunawan Birun

Halao guys,
Selamat pagi siang dan malam saya ucapkan untuk kalian semuanya😀. Apa kabar kalian dihari ini, yang tidak bahagia saya turut prihatin ya semoga lekas mendapat kebahagiaannya kelak😄😁.

Dalam setiap perekrutan karyawan baru setiap perusahaan pasti menetapkan yang namanya tahapan-tahapan seleksi yang dilakukan untuk merekrut karyawan baru dengan tujuan perusahaan berharap dapat menemukan sosok karyawan yang benar-benar siap kerja dan memiliki integritas yang tinggi. Perusahaan BUMN dan perusahaan swasta tentu memiliki tahapan yang berbeda-beda dan syarat yang berbeda dalam setiap melakukan perekrutan. Namun pada kedua perusahaan tersebut pasti memiliki salah satu tahapan seleksi yang dinamakan dengan "Interview/Wawancara". Yaps, Wawancara adalah satu dari sekian test yang dilakukan oleh perusahaan dalam perekrutan dengan cara berbicara head to head kepada calon karyawan baru dan tentunya tidak asal dong pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh si pewawancara pasti memiliki bobot nialai yang nantinya akan menentukan bahwa calon karyawan tersebut layak lolos atau tidak. Dan wawancara ini dilakukan biasanya disaat tes terakhir setelah lolos di tes tertulis seperti akademik dan psikotes.

Disini saya akan berbagi sedikit pengalaman yang saya dapatkan selama hidup hingga sekarang ini, oh iya usia sekarang 22 tahun dengan jenjang pendidikan sarjana Diploma 3 komputer. Okey langsung saja saya akan menceritakan pengalaman saya yang Alhamdulillah berhasil lolos 2 kali tes wawancara yaitu diperusahaan swasta dan ditempat saya bekerja sekarang yaitu diperusahaan BUMN.

Sebelum melakukan tes wawancara, harap anda perhatikan point-point yang akan saya jelaskan.
1. Perhatikan penampilan anda
Setiap perusahaan pasti menginginkan calon karyawan barunya memiliki penampilan yang menarik, rapih, fresh dabmn intinya good looking. Bukan artian harus ganteng dan cantik tetapi dilihat bagaimana calon karyawan tersebut mampu berbusana yang sopan, rapih dan tidak amburadul😎

2. Komunikasi yang baik
Siapasih orang yang tidak senang dan segan kepada orang yang mampu berbicara dengan baik, sopan, jelas dan tegas. Dan itulah yang diinginkan oleh pewawancara, mereka pasti ingin memiliki karyawan yang memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik apalagi perusahaan yang bergerak dibidang retaik atau penjualan, pasti good communication akan menambah kontribusi yang baik. Jadi gays, untuk anda yang mungkin komunikasinya masih kaku dan terbata-bata saat diwawancara, tolong belajarlah supaya lancar😊

3. Percaya Diri
Point ini saya rasa paling penting tuk mewakili semua point yang ada kenapa demikian? Karena dengan rasa percaya diri yang anda miliki, otimatis rasa grogi saat diwawancara akan hilang sehingga memudahkan anda untuk stay cool dalam menjawab semua pertanyaan yang dilontarkan. Ayoo PD yaa jgan malu-malu kalo mau lolos😊

4. Pelajari Visi Misi Perusahaan
Gays, kalian harus paham dan jika bisa kalian usahakan hafal visi misi perusahaan yanng kalian lamar agar pewawancara yakin bahwa anda memang benar-benar ingin bergabung menjadi karyawan diperusahaan tersebut. Selain visi misi, pelajarilah sedikit tentang sejarah perusahaan dan prestasi apa yang pernah perusahaan tersebut dapatkan agar menjadi nilai plus buat anda.

5. Pertanyaan Gaji
Saat interview nanti, pasti anda akan ditanyakan berapa gaji yang diinginkan. Nah disini terkadang merupakan pertanyaan yang dilematis, mau menjawab sedikit nanti dikira anda adalah orang yang pesimis, mau meminta gaji tinggi kemungkinan anda akan diperhatikan betul apa kinerja sesuai dengan gaji yang diminta. Disini saya memiliki jawaban yang selalu saya gunakan saat diwawancarai tentang gaji diperusahaan BUMN tempat saya bekeja. Jawablah pertanyaan tersebut dengan saya ingin digaji sesuai umr yang berkaku dan jikalau bisa saya ingin mendapatkan tambahan 500 rb untuk keperluan bulanan saya. Itulah jawaban yang membuat saya lolos saat ditanyai gaji😀

6. Cara bersikap saat wawancara
Duduklah dengan tegap dan tenang, letakkan kedua tangan diujung lutut kaki anda dan tataplah dahi si pewawancara agar anda dinilai orang yang PD

7. Berdoa dan berusaha
Jangn pernah lupa gays, Alloh yang tentukan semuanya😚😚😊😊

Semoga lolos ya yang sedang mencari artikel tentang tips lolos interview atau wawancara..

See you...

0 komentar: